Bukti bahwa sebuah akun sudah terverifikasi memegang peranan penting dalam strategi branding bisnis mana pun di media sosial. Sebab, ada riset yang menunjukkan bahwa 61% pengguna meyakini bahwa logo verifikasi–salah satunya centang biru di samping nama akun Instagram–dapat membuktikan identitas sah dari pemilik akun tersebut. Dengan kata lain, verifikasi Instagram akan semakin mengukuhkan kredibilitas brand di platform tersebut. Itu kenapa banyak yang ingin belajar cara verifikasi Instagram bisnis.

Namun, bagaimanakah cara Anda mendapatkan centang biru tersebut? Kuncinya ada di mengetahui cara verifikasi Instagram bisnis serta memenuhi syarat verifikasi Instagram. Anda bisa mempelajari cara verifikasi Instagram bisnis serta syarat verifikasi Instagram selengkapnya di sini. 

Syarat Verifikasi Instagram

Apa saja yang syarat yang harus Anda penuhi jika ingin mendapatkan centang biru? Berikut adalah syarat verifikasi Instagram bisnis:

1. Akun harus unik dan sah

Pertama dan yang paling penting, tim Instagram hanya akan memverifikasi akun dengan nama yang belum digunakan oleh orang lain. Dengan kata lain, Anda harus memastikan bahwa nama brand Anda memang benar-benar unik. Lalu, karena ini juga, Instagram hanya akan memberikan centang biru kepada satu akun bisnis dan satu pemilik, kecuali untuk akun bisnis yang beroperasi dengan lebih dari satu bahasa.

Satu hal lagi yang tak kalah penting, Anda juga harus memastikan bahwa akun bisnis Anda memang benar-benar sah dan tidak memalsukan brand lain. Anda dapat membuktikannya dengan sejumlah dokumen resmi yang harus diunggah pada proses pengajuan verifikasi kelak.

2. Akun harus populer

Apa yang membuat sebuah akun Instagram populer? Banyak yang beranggapan bahwa hanya akun Instagram dengan puluhan ribu atau bahkan jutaan pengikut yang bisa memperoleh centang verified. Namun, kenyataannya, akun dengan 1.000 orang pengikut juga bisa mendapatkan status verified selama memenuhi syarat notability yang berlaku dari tim Instagram.

Artinya, tim Instagram harus bisa menemukan konten yang tidak bersponsor atau berbayar di platform lain yang membicarakan tentang brand Anda secara positif. Selain itu, jika Anda bermasalah dengan banyaknya akun yang memalsukan identitas bisnis Anda, Anda juga akan lebih berpeluang lolos verifikasi centang biru dari tim Instagram.

3. Akun harus lengkap

Syarat terakhir yang harus dipenuhi oleh sebuah bisnis jika ingin mendapatkan centang biru Instagram adalah kelengkapan akun mereka. Artinya, akun tersebut harus sudah memiliki foto profil, bio yang bebas dari link cross-platform (ajakan bagi pengguna untuk mengikuti atau menambah akun bisnis Anda  di media sosial lain), serta memiliki setidaknya satu buah konten. Baik dalam bentuk foto (Instagram Feeds) maupun video (Instagram Reels).

Cara Verifikasi Instagram Bisnis

Berikut adalah cara verifikasi Instagram bisnis:

1. Lengkapi akun Instagram Anda

Sebelum memulai proses verifikasi Instagram, Anda harus memastikan bahwa isi profil Instagram resmi untuk brand atau bisnis Anda sudah lengkap. Artinya, akun Anda sudah harus memiliki foto profil yang jelas, bio yang terisi, dan timeline yang terdiri dari setidaknya satu konten foto maupun video. Sebab, tim Instagram hanya akan memberikan centang biru kepada akun yang memang sudah terbukti memiliki aktivitas di platform mereka.

Satu hal lagi yang tidak kalah penting, Anda juga harus mengecek kembali apakah profil Instagram Anda sudah bersifat public atau belum. Alasannya, Instagram tidak akan memverifikasi akun yang masih berstatus private atau terkunci.

2. Buat lebih banyak konten

Secara teknis, Anda bisa mengajukan verifikasi Instagram ketika Anda sudah memiliki satu buah konten di profil. Namun, peluang Anda mendapatkan centang biru verified dari tim Instagram akan lebih besar apabila Anda sudah memiliki banyak konten. Dengan kata lain, sebelum mengirimkan permohonan verifikasi dan menjalani prosesnya, alangkah baiknya Anda mengunggah lebih banyak foto dan video pada feeds maupun Instagram Stories terlebih dahulu.

Namun, sekadar menerbitkan konten saja tidak cukup untuk memperoleh centang biru Instagram. Justru, Anda harus benar-benar membuat konten yang mampu menjawab pertanyaan dan memberikan nilai tambahan bagi pelanggan. Misalnya, Anda dapat menerbitkan infografis sederhana, menunjukkan video di balik layar tentang budaya perusahaan atau proses pembuatan produk, dan masih banyak lagi.

Konten yang berkualitas akan mendorong lebih banyak engagement, bahkan jika Anda belum memiliki centang verified. Dengan lebih banyak Likes, komentar, dan Shares dari target audiens Anda, tim Instagram pun akan semakin yakin bahwa akun bisnis Anda memang resmi. Sehingga, Anda akan lebih mudah terverifikasi.

3. Ajukan verifikasi setelah brand diliput oleh berita

Jika Anda sudah mendapatkan banyak engagement dari target audiens di akun Instagram Anda, kini sebaiknya Anda berfokus pada mengukuhkan kredibilitas dan reputasi positif brand Anda. Caranya, dengan memastikan bahwa ada banyak website berita yang meliput tentang pencapaian atau terobosan baru dari bisnis Anda.

Mengapa strategi ini diperlukan? Perlu diingat bahwa tim Instagram juga mempertimbangkan notability atau seberapa terkenal brand Anda. Maka dari itu, post promosi berbayar dan konten bersponsor di Instagram maupun platform berita lain tidak berlaku untuk mendongkrak keberhasilan verifikasi Instagram Anda. 

Justru, staf yang terkait akan melakukan riset terhadap bisnis Anda dan melihat apakah ada media pihak ketiga yang menerbitkan konten tentang brand Anda secara organik.

4. Tingkatkan visibilitas brand Anda 

Selain memastikan bahwa ada media berita online maupun fisik yang meliput kisah tentang brand Anda, Anda juga bisa memperbesar peluang kesuksesan verifikasi Instagram dengan Search Engine Optimization (SEO). Sebab, riset yang dilakukan oleh tim Instagram juga mencakup pencarian kata kunci di search engine seperti Google. 

Apabila hasil pencarian tentang brand Anda di halaman pertama didominasi oleh semua channel resmi milik Anda sendiri dan konten organik lain yang membahas brand Anda–bukan iklan berbayar, Anda akan lebih berpeluang mendapatkan centang biru.

Namun, selain mengukuhkan eksistensi brand Anda di hasil pencarian, Anda juga tidak boleh mengabaikan halaman Instagram Explore. Alasannya, tim verifikasi Instagram juga mempertimbangkan seberapa banyak orang yang mencari tahu tentang brand Anda melalui halaman tersebut berdasarkan data mereka. Jadi, pastikan konten Anda sering menempati bagian atas Instagram Explore agar mudah ditemukan. Caranya, selalu buatlah konten yang menarik, berkualitas, dan tepat sasaran.

5. Kunjungi menu permohonan verifikasi di Instagram

Apabila Anda sudah menerapkan keempat tips di atas untuk memperbesar peluang keberhasilan mendapatkan centang biru di akun Instagram, Anda bisa langsung mengakses dashboard akun Instagram Anda dan mengikuti cara berikut untuk mengaksesnya:

  1. Klik icon tiga garis horizontal di sudut kanan atas dashboard;
  2. Pilih menu Settings > Account;
  3. Cari menu Request Verification dan isikan data-data berikut pada formulir pendaftaran yang tertera:
    1. Nama pemilik bisnis;
    2. Nama bisnis yang terdaftar secara hukum;
    3. Kategori akun (contoh: organisasi media, tim olahraga, bisnis/brand);
    4. Scan dokumen bisnis seperti surat izin usaha, akta pendirian, atau lainnya yang membuktikan legalitas bisnis Anda;
  4. Tekan Send, dan tunggu selama beberapa hari kerja hingga Anda mendapatkan kabar bahwa permohonan verifikasi ditolak atau disetujui. Proses ini bisa membutuhkan waktu paling lama hingga 30 hari.

Meskipun centang biru Instagram membawa banyak manfaat penting seperti kemudahan meningkatkan engagement dan memperkuat brand awareness, kenyataannya hanya ada 3,26% akun Instagram yang sudah terverifikasi. Namun, jika Anda mengetahui apa saja syarat verifikasi Instagram dan cara verifikasi Instagram bisnis, Anda sudah selangkah lebih maju dibandingkan dengan kompetitor.

Bahkan ketika Anda sudah menerapkan cara verifikasi Instagram bisnis dan memastikan bahwa akun Anda sudah sesuai dengan syarat verifikasi Instagram, ada kemungkinan permohonan Anda akan ditolak. Di saat seperti ini, janganlah berkecil hati. Anda bisa mencoba lagi dalam 30 hari ke depan. Selagi menunggu, lakukanlah evaluasi terhadap kualitas konten Anda serta keberadaan brand Anda di mesin pencarian maupun media lain.

Ingin berdiskusi tentang all things marketing? Yuk gabung ke komunitas Whatsapp “Anak Marketing Indonesia” yang berisi praktisi marketing dari seluruh Indonesia. Grup ini untuk saling sharing dan memiliki kebijakan anti spam yang sangat ketat!

Writer Profile
  • Karen Winardi

    Head of Content at Demand Gen Lab. Suka ngopi pas hujan dan segala hal Jejepangan.

Share This
Comment

Leave a Reply