Di era sekarang, siapa yang tidak tahu LindkedIn? Aplikasi yang berfokus di ketenagakerjaan ini bahkan sudah dipakai oleh lebih dari 900 juta pengguna di seluruh dunia. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa LinkedIn itu tidak hanya bisa dipakai oleh para pencari kerja, tapi juga oleh perusahaan?

Sering kali perusahaan tersebut memasang lowongan kerja bukan hanya dari profil pribadi para HR-nya saja, melainkan juga mengiklankannya secara langsung di LinkedIn Bisnis mereka. Sebab, selain bisa menjangkau lebih banyak orang, manfaat LinkedIn Bisnis lainnya adalah juga bisa dipakai untuk memperkuat identitas perusahaan. Bagaimana maksudnya? Agar lebih jelas, simak penjelasan seputar manfaat LinkedIn Bisnis dan tips membuatnya agar menarik, yuk!

Apa Itu LinkedIn Bisnis?

Photo by Greg Bulla on Unsplash

Sebelum berlanjut pada manfaat dan tips membuat LinkedIn Bisnis, mari pahami dulu apa itu LinkedIn Bisnis. Sesuai dengan namanya, LinkedIn Bisnis merupakan aplikasi yang menyediakan layanan networking untuk membangun kredibilitas usaha. Salah satu manfaat dari aplikasi ini yang sudah disebutkan sebelumnya antara lain adalah untuk mempermudah perusahaan dalam menemukan calon tenaga kerja baru.

LinkedIn bisa menampilkan pemberitahuan bahwa usaha Anda sedang membuka lowongan kerja, sama halnya ketika Anda memasang lowongan kerja di koran beberapa tahun silam. Namun, pada dasarnya LinkedIn sama seperti platform digital lainnya yang memungkinkan Anda untuk mengunggah, menyukai, mengomentari unggahan, bahkan mengirimkan pesan dengan sesama pengguna.

5 Manfaat LinkedIn Bisnis bagi Usaha Anda

Sebagai aplikasi yang berfokus di ketenagakerjaan, LinkedIn memang bermanfaat untuk memudahkan Anda bertemu dengan calon tenaga kerja. Akan tetapi, masih ada banyak manfaat LinkedIn Bisnis lainnya yang juga bisa Anda rasakan. Berikut lima di antaranya yang sudah kami rangkum.

  • Memperkuat branding usaha

Menjalankan bisnis di dunia digital seperti sekarang ini tentu perlu formula baru yang lebih sesuai dengan kondisi zaman. Salah satu cara yang bisa Anda wujudkan adalah dengan memperkuat identitas bisnis Anda di ranah digital. LinkedIn menjadi salah satu platform terbaik yang dapat menjawab kebutuhan Anda terhadap hal tersebut.

Pasalnya, sebagian besar orang sekarang ini mencari atau membuktikan identitas bisnis lewat dunia digital. Oleh karena itu, Anda perlu membuat akun LinkedIn Bisnis untuk menunjukkan sekaligus memperkuat branding usaha Anda. Buktikan kekuatan usaha Anda lewat brand story yang baik, mulai dari profil hingga unggahan di akun LinkedIn.

  • Menunjukkan prestasi

Manfaat berikutnya yang bisa Anda rasakan ketika membuat akun LinkedIn adalah dapat menunjukkan prestasi perusahaan. Misalnya, jika usaha Anda bergerak di bidang makanan atau kosmetik, tunjukkan bukti bahwa produk-produk Anda sudah lolos uji dan mendapat sertifikasi dari BPOM. Dengan begitu, bisnis Anda pastinya akan makin kredibel di mata audiens.

  • Memperluas jaringan

Sebagai aplikasi yang penggunanya sudah mencapai 900 juta, pastinya LinkedIn bisa Anda pakai untuk memperluas jaringan. Bukan saja bagi pelaku usaha B2C yang memasarkan produknya secara langsung ke pengguna, bisnis B2B juga dipermudah dalam menemukan target market yang potensial. Pada akhirnya, hal ini akan berdampak ke hasil penjualan dan pendapatan.

  • Mendapatkan tenaga kerja berkualitas

Salah satu manfaat LinkedIn yang sudah banyak disebut di awal adalah mempermudah usaha dalam mendapatkan tenaga kerja berkualitas. Sebab, LinkedIn memungkinkan penggunanya untuk menampilkan rekam jejak sejelas mungkin dengan tujuan mempermudah proses rekrutmen.

Hal itu tentunya juga dapat meningkatkan rasa kepercayaan Anda terhadap pelamar karena sudah ada serangkaian bukti yang memperlihatkan kemampuan dan keterampilannya. Di sisi lain, jika Anda merasa kurang jelas atau kurang mantap dengan informasi yang sudah tertera di profil, Anda bisa menanyakannya secara langsung kepada mereka lewat direct message.

  • Sebagai sarana promosi

Selain beberapa poin di atas, ada satu manfaat penting yang dapat menunjang pertumbuhan usaha Anda. LinkedIn merupakan salah satu sarana promosi karena Anda dapat memasarkan produk dan layanan melalui berbagai medium, seperti unggahan hingga mengirim pesan marketing langsung kepada pengguna aktif yang termasuk dalam target pasar Anda.

Tips Membuat LinkedIn Bisnis agar Eyecatching

Jika siapa pun dapat membuat akun LinkedIn Bisnis, lalu apa saja tips yang dapat Anda terapkan agar profil usaha Anda makin menarik di mata audiens?

  1. Lengkapi profil LinkedIn

Tips LinkedIn Bisnis yang pertama adalah lengkapi profil Anda agar pengguna lainnya bisa mengetahui identitas usaha Anda dengan jelas. Pertama, isi bagian “Tentang Kami” dengan brand story yang menarik, misalnya mencantumkan visi misi usaha yang tetap memedulikan lingkungan. Hal yang terpenting adalah tetap gunakan bahasa yang dapat dimengerti oleh awam sekalipun. Jangan lupa juga untuk melengkapi foto profil dengan desain atau logo perusahaan sehingga audiens dapat mengenalinya dengan mudah.

  1. Tampilkan update terkini

Setelah membangun identitas digital usaha Anda di LinkedIn, pastikan Anda terus menjaganya agar tetap aktif sehingga kredibilitasnya terjaga di mata pengguna lain. Untuk itu, Anda bisa menampilkan update terkini seputar proyek atau kerja sama yang sedang dibangun maupun mengunggah hal-hal umum seperti soft skill dan hard skill yang harus dimiliki oleh calon pelamar.

  1. Pasang lowongan kerja yang jelas

Memasang lowongan kerja dengan jelas juga menjadi salah satu tips menjalankan LinkedIn Bisnis. Pasalnya, dari sekian banyaknya lowongan pekerjaan yang ada di LinkedIn, tak sedikit di antaranya yang punya deskripsinya tidak terstruktur bahkan membingungkan calon pelamar. Di samping itu, dari 57 juta pengguna LinkedIn Bisnis, hanya terdapat 15 juta lowongan yang dimuat. Jumlah tersebut tentunya menjelaskan bahwa ada banyak profil LinkedIn khusus bisnis yang tidak aktif menggunakan akun maupun mengembangkan bisnisnya melalui ranah digital.

  1. Bentuk atau gabunglah ke komunitas

Tips membangun LinkedIn Bisnis yang terakhir adalah dengan membentuk atau bergabung ke komunitas yang membahas hal serupa dengan usaha Anda. Hal ini bertujuan untuk meng-upgrade wawasan Anda sebagai pelaku usaha sekaligus meningkatkan potensi kerja sama dengan brand maupun pengguna lain. Di komunitas ini, Anda juga dapat bertemu dengan para calon pelamar yang tertarik untuk melihat perkembangan usaha Anda melalui ranah digital.

LinkedIn memang bisa menjadi tools yang sangat powerful. Untuk itu, tidak heran jika manfaat LinkedIn Bisnis sangat banyak, seperti memperkuat branding usaha, menunjukkan prestasi, memperluas jaringan, mendapatkan tenaga kerja berkualitas, hingga menjadi salah satu sarana promosi.

Jika Anda sudah memahami manfaat LinkedIn Bisnis, lakukanlah empat tips di atas, yaitu melengkapi profil LinkedIn, memberikan update terkini, memasang lowongan kerja yang jelas, dan membentuk atau bergabung ke komunitas, supaya profil usaha Anda sentiasa relevan di mata pengguna lain. Jadi, kapan Anda akan mulai membangun identitas brand di ranah digital? Mari, bergerak mulai dari sekarang dan kembangkan usaha Anda.

Writer Profile
Share This
Comment

Leave a Reply

  1. Pingback: zoloft vs paxil
  2. Pingback: fluoxetine cats
  3. Pingback: ddavp strengths
  4. Pingback: cozaar action
  5. Pingback: acarbose nmr
  6. Pingback: actos casuales
  7. Pingback: synthroid myths
  8. Pingback: ivermectin brand