Di era digital seperti sekarang, local SEO adalah tren baru dalam marketing yang perlu Anda pertimbangkan. Mengapa? Sebagai gambaran, Search Engine Roundtable menemukan bahwa 46% dari kata kunci pencarian di Google memiliki keterangan tambahan “di [nama lokasi]” atau “dekat saya.” Jadi, local SEO adalah kunci untuk meningkatkan reputasi serta penjualan Anda.
Untuk mendukung kesuksesan strategi tersebut, sebaiknya Anda juga memperhatikan sejumlah metrik penting dalam optimasi Google My Business. Jadi, apa saja yang perlu menjadi pertimbangan ketika menjalankan strategi optimasi Google My Business untuk local SEO? Mari kita kupas tuntas selengkapnya di sini!

Local SEO Adalah…
Local SEO merupakan strategi search engine optimization yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas bisnis Anda di hasil pencarian lokal. Caranya, dengan mempertimbangkan jarak dari lokasi bisnis Anda yang terdaftar di profil Google My Business (GMB) dengan nama daerah yang diketikkan oleh pengguna. Misalnya, jika seseorang mencari “kafe terdekat” di Google, strategi ini akan membantu memastikan bahwa kafe Anda muncul dalam hasil pencarian tersebut.
Manfaat Optimasi Google My Business
Dengan menerapkan local SEO menggunakan profil Google My Business, bisnis Anda dapat menikmati sejumlah keuntungan seperti di bawah ini:
1. Mendorong brand awareness
Dengan local SEO, bisnis Anda akan lebih berpeluang muncul di halaman pertama hasil pencarian search engine dan Google Maps. Tentunya, hal ini akan semakin meningkatkan brand exposure kepada calon pelanggan yang mencari produk atau layanan seperti milik Anda.
Apalagi, menurut Fit Small Business, 96% pengguna internet di dunia mengetahui keberadaan sebuah brand melalui hasil pencarian lokal. Maka dari itu, Anda dapat memperluas jangkauan kepada orang-orang yang belum mengenal brand Anda.
2. Meningkatkan conversion rate
Masih berdasarkan sumber yang sama, 80% hasil pencarian dengan kata kunci lokal berujung pada pemesanan. Sebab, ketika informasi bisnis Anda mudah diakses melalui Google My Business, pelanggan akan lebih terdorong mengambil tindakan seperti memesan produk, mengunjungi lokasi, atau mereservasi layanan Anda. Jadi, semakin mudah pelanggan bisa bertransaksi, semakin tinggi pula peluang Anda menghasilkan lebih banyak penjualan.
3. Mempermudah analisis sentimen pelanggan
Melalui ulasan pelanggan yang tersedia di GMB, Anda dapat memahami bagaimana pelanggan memandang bisnis Anda. Komentar positif menunjukkan aspek yang dihargai pelanggan, sementara kritik dapat menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan strategi promosi atau kualitas produk dan layanan itu sendiri. Nah, dengan hasil sentiment analysis ini, Anda bisa mengambil keputusan bisnis yang lebih tepat.
4. Mendukung proses pembuatan konten marketing
Tahukah Anda bahwa data dari local SEO adalah sumber inspirasi untuk konten marketing? Misalnya, review pelanggan dapat memberikan ide untuk menulis artikel blog tentang keunggulan brand Anda atau topik evergreen lainnya.
Selain itu, foto-foto yang diunggah pelanggan dapat digunakan untuk membangun narasi visual dan memperkuat testimoni di media sosial Anda. Terutama, untuk strategi marketing seperti User Generated Content (UGC). Dengan memanfaatkan informasi ini, Anda dapat membuat konten yang relevan dan menarik bagi audiens lokal.
Metrik yang Perlu Diperhatikan dalam Local SEO
Bagaimanakah cara mengetahui apakah strategi local SEO Anda sudah cukup efektif atau belum? Anda bisa menemukan jawabannya dari 5 metrik penting ini:
1. Search rankings
Search rankings menunjukkan posisi website atau profil bisnis Anda dalam hasil pencarian lokal, baik di website Google maupun aplikasi Google Maps. Semakin tinggi peringkat Anda, semakin besar peluang untuk menarik pengunjung. Selain itu, ranking yang tinggi juga menunjukkan bahwa bisnis Anda memiliki reputasi terpercaya. Anda dapat menggunakan alat seperti Google Search Console atau SEMrush untuk memantau peringkat ini.
2. Keseluruhan rating
Selain peringkat di hasil pencarian, rata-rata rating yang ditunjukkan dalam indikator bintang dari nilai 1 sampai 5 di bawah nama bisnis Anda juga berperan penting dalam local SEO. Rating yang tinggi membuktikan bahwa Anda sudah memberikan layanan dan produk berkualitas baik, sehingga konsumen akan lebih mudah mempercayai brand Anda.
3. Jumlah pengunjung website
Metrik ini mencerminkan seberapa banyak orang yang mengunjungi website Anda melalui hasil pencarian lokal. Dengan menggunakan alat analitik seperti Google Analytics, Anda dapat melacak jumlah traffic, dan dari mana mereka menemukan website Anda.
Jika pengunjung website meningkat, artinya strategi Anda telah berjalan dengan baik. Terutama, apabila Anda menerapkan sejumlah strategi digital marketing lain untuk mempromosikan website seperti melalui media sosial, affiliate marketing, dan lain-lain.
4. Click through rate (CTR)
CTR mengukur persentase orang yang mengklik link menuju website Anda setelah melihatnya di hasil pencarian. Dengan kata lain, metrik ini menunjukkan seberapa menarik listing Anda di mata calon pelanggan.
Untuk menghitungnya, Anda hanya perlu membagi jumlah klik yang diterima dengan jumlah total tayangan (impressions). Lalu, kalikan dengan 100 untuk mendapatkan hasil persentase. Sebagai contoh, jika listing Anda mendapatkan 50 klik dari 1.000 tayangan, CTR-nya adalah (50 / 1.000) * 100 = 5%. Anda bisa mendapatkan data yang diperlukan untuk perhitungan ini dari dashboard Google Analytics.
5. Conversion rate
Metrik terakhir yang tidak kalah penting adalah conversion rate. Sederhananya, metrik ini merupakan persentase pengunjung yang melakukan tindakan tertentu setelah melihat listing Anda, seperti menghubungi nomor reservasi, mengisi formulir, atau melakukan pembelian. Jadi, conversion rate yang tinggi menunjukkan bahwa pelanggan sudah berhasil menemukan informasi yang mereka perlukan di website atau profil GMB Anda.
Bagaimana cara menghitungnya? Bagi jumlah orang yang mengambil tindakan sesuai harapan Anda dengan jumlah total pengunjung. Sama seperti CTR, kalikan dengan 100 untuk mengubah hasilnya menjadi persentase. Misalnya, kalau dari 10.000 pengunjung profil GMB ada 5.000 orang yang memutuskan untuk reservasi jadwal, perhitungannya adalah sebagai berikut:
Conversion rate: (5.000 / 10.000) × 100 = 50%
Sedikit berbeda dengan search engine optimization pada umumnya, local SEO adalah strategi untuk meningkatkan posisi search results jika pengguna memasukkan kata kunci yang berkaitan dengan lokasi mereka.
Beberapa manfaat utama local SEO adalah membantu meningkatkan penjualan, reputasi brand, serta hubungan dengan pelanggan. Buktinya, menurut Blue Square Management, 40% kampanye marketing dengan strategi ini bisa menghasilkan ROI sebesar 500% atau lebih tinggi.
Bagaimana cara memaksimalkan manfaat tersebut? Salah satunya adalah dengan mengetahui metrik terpenting dalam optimasi Google My Business. Contohnya, rata-rata rating, jumlah pengunjung, click through rate, dan conversion rate. Dari sana, Anda bisa mengambil keputusan yang lebih berbasis data untuk strategi optimasi Google My Business.
Ingin tahu lebih lanjut tentang marketing dengan Google My Business? Salah satu caranya, Anda bisa belajar dari marketer yang sudah berpengalaman di bidang tersebut! Untuk menemukannya, Anda dapat klik sign-up gratis untuk bergabung bersama Komunitas Anak Marketing. Sebagai pengguna terdaftar, Anda dapat menghadiri sesi diskusi interaktif bersama banyak ahli marketing dari seluruh Indonesia dan mengakses laporan riset marketing yang menyeluruh secara eksklusif.